Info sekitar Kota Balikpapan (SDIT)

Sunday, April 27, 2014 Posted In Edit This 0 Comments »
Assalamu'alaikum Wr, Wb, (menyapa para pembaca yang mampir di blog saya).

Well, dikarenakan suami pindah tugas ke Balikpapan, praktis sejak bulan Juli 2013 saya mengikuti suami untuk pindah juga. Banyak hal yang saya harus dilakukan seiring pindah domisili ke kota ini. Diantaranya, mencari sekolah anak, cari kontrakan, cari ini itu untuk memenuhi kebutuhan hidup disini.

Oke, saya mulai dari Sekolah Dasar Anak. Karena saya seorang muslimah, maka saya cenderung mencari sekolah Islam. Diantara yang saya dapat :
  • IGS (Islamic Global School), sedikit info yang saya dapat langsung dari Kepala Sekolahnya (karena setiap murid pindahan harus berkonsultasi dulu dengan Bu kepsek agar calon ortu paham aturan main dan konsep dasar sekolah tsb). Konsep sekolah ini adalah pembentukan karakter, maka IGS hanya menerima siswa pindahan sampai kelas 4, selebihnya tidak diterima, karena menurut beliau pembentukan karakter terjadi pada usia 7-10th. Peraturan disekolah ini memang cukup ketat, yaitu, Siswa DILARANG membawa gadget (hp, tablet, dll). Sekolah 'mengintervensi' pendidikan anak dirumah, yang bagi saya cukup wajar krn pendidikan harus pada 2 sisi ini yaitu Org tua dan sekolah, hal ini tidak mudah bagi sebagian orang tua lain. Orang tua WAJIB hadir berpasangan setiap bulan pada program Parenting, jika lebih dari 3X absen , maka akibatnya anak berpotensi dikeluarkan dari sekolah. Dan jika didapati anak yang berkelakuan tidak baik dan teguran sudah disampaikan kepada ortu selama 3X, maka pada teguran ke4, siswa dipersilakan untuk pindah sekolah. Fasilitas sekolah sudah cukup memadai.
 Respon : Saya pribadi tidak bermasalah dengan aturan tsb bahkan sangat terbuka untuk itu, namun sayang, karena saya menginginkan sekolah Bilingual dan Ekskul yang memadai, maka saya memutuskan untuk tidak mendaftarkan anak saya di sekolah ini. Ditambah, anak saya tidak berkenan dengan kewajiban catering sekolah, he..he..he walau Bundanya ga lihai masak, tp dia mencintai masakan saya... :)

Untuk keterangan lebih lanjut, bisa langsung cek ke www.islamicglobalschool.com

  • SDIT Al Istiqomah, alamat Jl. Sport, dekat lapangan Merdeka. SD ini berada di lingkungan masjid besar Al Istiqomah milik Pertamina. Yang saya dengar langsung dr anak-anak, mereka ada hari tertentu yang diwajibkan melakukan percakapan dalam bahasa Inggris. Tapi, denger punya denger (semoga pendengaran saya salah) bahwa disekolah ini cenderung mengutamakan anak yang ortunya bekerja di Pertamina. Saya sendiri gagal memasukkan anak saya ke sekolah ini, karena menurut bagian Tata Usaha kelas sudah penuh (Wallahualam, karena memang saya sempat ditanya tempat suami bekerja, dan memang suami saya  tidak bekerja di Pertamina). Sekolah ini cukup nyaman karena sangat berdekatan dengan masjid, sehingga aktivitas keagamaan anak lebih mudah.
  • SDIT Balikpapan Islamic School (BIS). Sekolah ini terletak di area Balikpapan Baru, lingkungan sekitar adalah perumahan Muslim dan Masjid Al Ikhwan. Sama seperti sdit lain, program sekolah yang sudah stabil, tahsin, tahfidz 1 Juz selama SD, pilihan ekskul yang cukup banyak (Taekwondo, renang, pramuka dll). 
  • SDIT Hidayatullah, konsep sekolah ini adalah melahirkan enterpreneur muslim kecil. Sekolah ini juga melakukan subsidi silang bagi siswa/i dhuafa. Sekolah ini biaya nya cukup murah, walau tahun 2014 ini biaya masuk mengalami peningkatan yang cukup besar, dan peningkatan besar ini terjadi di hampir semua SDIT kota Balikpapan.
  • Sekolah Alam, terletak di pinggir Jalan Syafrudin Yoes sehingga saat jam selesai sekolah, terasa sekali pengaruh aktivitas keluar murid di jalan raya :). Ruang kelasnya sendiri tidak berdekatan dengan jalan, melainkan turun jauh dari jalan raya, menurut info yang saya dapat, kelasnya adalah gubug2 terbuka, sesuai dengan konsepnya ya.
  • SDIT Al Auliya, Sekolah ini cukup banyak peminat, sampai memiliki 2 gedung sekolah yang cukup besar. Satu kelasnya terdiri dari 30 anak, program yang ditawarkan hampir sama dengan sekolah islam lain, program tahsin, tahfidz 1 Juz selama SD, ekskul yang cukup banyak pilihannya. Biaya sekolah pun relatif murah. 
 Respon : Saya tidak berkenan mendaftarkan anak saya ke sekolah ini, karena jumlah siswa per kelasnya terlalu banyak dan tidak bilingual. Walau biaya sekolahnya cukup ringan, dan program sekolahnya sudah stabil.

Untuk keterangan lebih lanjut, bisa langsung sditalauliya2balikpapan.webs.com & sditauliya1.webs.com

  • INTIS School, akhirnya! Setelah mencari kesana kemari, sekolah inilah yang mendekati keinginan saya. Sekolah bilingual, terdapat native speaker sehingga membantu kemampuan dan keberanian anak saya dalam berbahasa inggris, guru-guru yang ramah anak (saya memang merasakan keramahan guru disini), Ekskul pilihan yang cukup ( Catur, Menari, Karate, Bola, Musik, Kaligrafi), Ekskul Wajib tiap minggu yaitu Renang, Menggambar/Mewarnai, Pramuka, Konsep sekolah yang hmmm mungkin cukup santai ya, sampai-sampai anak saya hampir selalu pakai sandal (bukan jepit) ke sekolah :), Hafalan Quran 1 Juz dengan 3 bahasa selama SD, dan tidak mewajibkan anak untuk ikut catering sekolah. Sekolah ini menerapkan Active Learning, dimana anak dirangsang untuk berkreasi dan belajar langsung dari sumber bahasan, misal belajar tentang pohon, maka anak akan dibawa ke pepohonan dan mengamati langsung apa yg ada dipohon tersebut.
 Respon : Sekolah ini dari awal hingga TA 2013/2014 menggunakan konsep yang sama dengan Intis School Jogja. Namun, terputusnya kerjasama antara konsultan kurikulum dengan pemilik yayasan, memungkinkan akan adanya perubahan pada beberapa hal, mungkin itu cara mengajar guru, mungkin akan tidak santai lagi bagi anak (karena selama ini mmg tidak pernah ada aturan hukuman/sangsi jika anak melakukan kesalahan yg disengaja, misal terlambat datang, seragam yang tidak dipakai/tidak sempurna digunakan, penggunaan sandal, bermain di waktu belajar terutama anak baru/kelas 1 yang masih adaptasi). Sampai saat ini infrastruktur sekolah masih dalam tahap pembangunan dan pengembangan, sehingga fasilitas tambahan spt Lab komputer, Perpustakaan belum ada.

Untuk keterangan lebih lanjut, http://intisschoolbpn.blogspot.com/. Alamat di Perumahan Sepinggan Pratama Blok A.

    Nah, semoga yang saya sampaikan bisa membantu bunda-bunda yang baru saja hijrah ke Balikpapan.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

0 komentar: