Know yourself

Saturday, September 14, 2013 Posted In Edit This 0 Comments »
Tahun 2002 lalu, saat saya masih bekerja di salah satu operator telekomunikasi. Sungguh pelajaran dan pengalaman yang luar biasa, sebuah pelatihan (MBTI Myers-Briggs Type Indicator) sekaligus outbond  yang dirangkai untuk mengenal diri sendiri agar bisa mengenal orang lain sehingga bisa bekerja dengan baik dalam sebuah tim.

Dalam pelatihan tersebut diuraikan bahwa karakter manusia dikategorikan menjadi 4 dikotomi sbb :

1. Cara bersosialisasi/berinteraksi

- Extrovert (E) : Karakter ini cenderung membuka diri dengan dunia luar, cenderung mudah bersosialisasi dan bahkan cenderung tidak bisa tanpa memiliki teman/hubungan. Ironisnya, disaat tertekan, orang dengan karakter ini cenderung menutup diri dari dunia luar, menjadi penyendiri, dan tidak banyak bicara.

- Introvert (I) : Karakter ini cenderung menutup diri dari luar, energi dirinya berasal dari dirinya sendiri, dan lebih pendiam. Sebaliknya, disaat mengalami tekanan, ia nya cenderung membuka diri, tiba-tiba banyak bicaranya.


2.Cara mengambil/mengumpulkan informasi

- Sensing (S) : Karakter ini menyerap, memahami dan mengartikan informasi berdasarkan pada apa yang ia lihat, dengar dan rasakan.

-Intuiting (N) : Karakter ini menyerap, memahami dan mengartikan informasi bedasarkan intuisinya, dan tidak bergantung pada panca inderanya.

Sebagai contoh untuk mempermudah membedakan karakter ini, misalnya dengan melihat Iklan komersial disekitar kita (TV, Radio, Majalah). Iklan yang diterbitkan oleh pemilik karakter Sensing akan menggunakan kata-kata jelas dan langsung seperti ini,


Sedangkan pemilik karakter intuiting akan beriklan dengan kata-kata yang tidak langsung/kiasan.



3.Cara pengambilan keputusan

- Thinking (T) : Karakter ini umumnya dimiliki kaum lelaki, dimana penilaian keputusan berdasarkan logika

- Feeling (F) : Karakter ini penilaian keputusan cenderung pada pertimbangan perasaan, dan umumnya  karakter ini dimiliki oleh kaum wanita

Sebagai contoh, Bos/Pimpinan dengan karakter Thinking, ketika ia memecat salah satu pegawainya, dia akan tegas dengan pertimbangan logis bahwa pegawainya telah melakukan kesalahan.
Sedangkan pada Bos/Pimpinan dng karakter Sensing, ketika ia memcat salah satu pegawainya, dia merasa kasihan, terpaksa, dan akan terbawa rasa bersalah.


4. Gaya hidup (Lifestyle)

- Judging (J) : Karakter ini cenderung melakukan sesuatu dengan irama, ritme yang teratur, rutinitas yang jelas. Tipikal yang menyukai kesempurnaan.

-Perceiving (P) : Karakter ini melakukan sesuatu tanpa ada pertimbangan urutan, aturan yang jelas, segala nilai adalah boleh.

Sebagai contoh, Seseorang dengan karakter Judging, dia akan cenderung berpakaian yang 'matching', datang pertemuan tepat waktu, dan merasa tidak nyaman jika sesuatu tidak berjalan sesuai aturan. Sedangkan seseorang dengan karakter Perceiving, dia cenderung santai dalam berpakaian, tidak 'match', tidak merasa bersalah jika datang terlambat, and it's oke if anything goes wrong.


Dengan kombinasi tipe diatas, maka karakter manusia dapat dibagi menjadi 16. Dimana tiap orang memiliki kombinasi dari 4 tipe karakter diatas. Misal, Saya adalah karakter ESTJ (Extrovert-Sensing-Thinking-Judging), sedangkan pasangan saya berkarakter INFP (Introvert-iNtuiting-Feeling-Perceiving). Ketika mengetahui, saya dan pasangan saya sangat bertolak belakang dalam segala kategori, saya hanya bilang Allah SWT Maha Adil :), dan ini membantu saya untuk lebih mudah memahami perbedaan yang ada.


Mungkin beberapa ato bahkan dari kita sulit untuk memastikan karakter yang manakah kita, karena masing-masing dari kedelapan sifat tersebut yang dominan kita miliki. Nah, hal yang paling mudah untuk menentukan yang mana karakter asli kita adalah mana yang membuat kita nyaman saat melakukan/bersikap. Misal, jika kita nyaman dengan banyak bicara daripada diam, maka bisa dipastikan kita cenderung extrovert. Jika kita lebih nyaman berpakaian tidak matching maka kita cenderung berkarakter perceiving.

Nah sekarang silakan anda tentukan, bagaimanakah anda.....

* Di akhir pelatihan, saya mendapatkan buku panduan karakter ESTJ, dimana pada sampul bertuliskan doa untuk tipe saya , yaitu "God, please help me to not control everything".....LOL

0 komentar: